Penggunaan Bahasa Persuasif dalam Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok Akun @dictionarei

Penulis

  • Tiara Aprilia Putri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Syahrani Juniar UPN "Veteran" Jawa Timir
  • Icha Kesya Adelia UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Gracia Yoesefine Lenussa UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Wahyu Suryo Agung Gumelar UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Eni Nurhayati UPN "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30651/bisa.v1i1.10

Kata Kunci:

digital, pemasaran, platform

Abstrak

Digital marketing kini menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran di era modern. Dalam pelaksanaannya, penggunaan bahasa memiliki peranan penting untuk menarik audiens dan menjalin hubungan dengan mereka. TikTok, salah satu media sosial yang populer, banyak digunakan untuk keperluan pemasaran digital. Contoh nyata adalah akun @dictionarei, yang berfokus pada promosi produk dan memberikan ulasan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Tujuan dari digital marketing adalah meningkatkan kesadaran merek, membangun interaksi audiens, mengoptimalkan anggaran pemasaran, dan menjangkau target audiens tertentu. 2) Bahasa dalam pemasaran digital harus mampu menarik perhatian dan menciptakan hubungan emosional dengan audiens. 3) TikTok menjadi platform ideal untuk pemasaran digital, di mana influencer seperti @dictionarei menggunakan bahasa persuasif untuk mendukung promosi produk. Studi ini mengkaji penggunaan bahasa persuasif pada konten akun @dictionarei, termasuk karakteristik dan strategi yang diadopsi untuk memenuhi kebutuhan audiens. Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan baru tentang komunikasi pemasaran yang efektif di TikTok dan menawarkan pendekatan baru bagi pemasar untuk meningkatkan keberhasilan kampanye produk. 

Referensi

Azzahra, A.A, Izzuddin,A., Hanifah, J.R, Ilham,M.A, Tarisa,Y, Eni N.,(2023) Kajian Bahasa dalam Konteks Influencer Marketing: Pengaruh Pemakaian Bahasa dalam Pemasaran Akun Selebgram @Fadiljaidi. Economic Reviews Journal. 3 (1), 192–203

Manullang,Y., Efendy,J.A.R,Dewanto,A.I.Y, Ramadhani,M.,Rahmadani,O., Eni Nurhayati., (2023) Dampak Penggunaan Bahasa Youtuber Gaming Windah Basudara Terhadap Perilaku Anak Dibawah Umur. Jurnal Multidisiplin West Science. 02 (12), 1033-1039

Kurniawan, A., (2024)PENGARUH PENGGUNAAN INFLUENCER MARKETING DAN VIDEO MARKETING TERHADAP PERIAKU PEMBELIAN KONSUMEN. Holistik Analisis Nexus. 1( 7), 146-154

Rhamadany,Y., Lanta,J., Aswadi.,(2023) BAHASA PERSUASIF DALAM IKLAN BISNIS ONLINE DI MEDIA SOSIAL. Jurnal ilmiah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang 8(1), 87-91 https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/index

Nadhiro,S., Rachmasari, S.S, Jayanti,R., Amelia,S., Sholihatin,E.,(2023) Penggunaan Ragam Bahasa Dalam Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok @eatsambel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9 (14), 642-653

Putri, N.W.K, Pratyaksa, I.G.T, Permatasari, G.A.P.D, (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN TIKTOK @thekeranjangbali DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE. Jurnal Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja 4 (1), 41-50

Nisa,Z., Frandika,E., Dalman.,(2024) PENGGUNAAN BAHASA PERSUASIF IKLAN BODY LOTION SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PADA SISWA SMP. Jurnal Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Lampung 12(1) 17-31

Khaeriyah,H.N, Haliq,A., Salam.,(2024) PENGGUNAAN BAHASA PERSUASIF DALAM PEMASARAN DI SHOPEE LIVE. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics 4(1) 17-23

Sudarsono., Hamzah, A., Warastuti,R.A.,(2022) PENGGUNAAN BAHASA DAN ISTILAH PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI ONLINE. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik Universitas Bina Taruna Gorontalo 10(1) 70-80

Sintesa,N., Putri, D.K.,(2022) ANALISA KONSISTENSI, KOMUNIKASI PERSUASIF DAN FOKUS KREATOR DALAM LIVE TIKTOK TERHADAP VIEWERS AND FOLLOWERS ON LIVE ROOM SINTESA. Jurnal ilmiah akuntansi universitas 45 surabaya 3(1) 226-236

Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015

Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084

Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/

Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.

Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.

Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).

Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.

Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.

Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Diterbitkan

2024-12-15

Cara Mengutip

Tiara Aprilia Putri, Juniar, S., Icha Kesya Adelia, Gracia Yoesefine Lenussa, Wahyu Suryo Agung Gumelar, & Eni Nurhayati. (2024). Penggunaan Bahasa Persuasif dalam Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok Akun @dictionarei. Pendidikan Bahasa Dan Ilmu Sastra, 1(1), Hal 14–21. https://doi.org/10.30651/bisa.v1i1.10

Terbitan

Bagian

##section.default.title##