https://publish.bakulsosmed.co.id/index.php/BISA/issue/feed Pendidikan Bahasa dan Ilmu Sastra 2024-12-28T15:34:51+00:00 Firda Wahyu M [email protected] Open Journal Systems <table style="font-size: 0.9rem;" width="100%"> <tbody> <tr> <td><strong>Title</strong></td> <td>: BISA - Pendidikan Bahasa dan Ilmu Sastra</td> </tr> <tr> <td><strong>ISSN</strong></td> <td>: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/" target="_blank" rel="noopener"> XXXX-XXXX </a> (Electronics)</td> </tr> <tr> <td><strong>Publication Period</strong></td> <td><strong>: <em>April</em></strong></td> </tr> <tr> <td><strong>Accreditation</strong></td> <td><strong>: Grade - (</strong><a href="https://drive.google.com/file/d/1CwIy8wxH56DYlmokuMPycdKhEksvN28I/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener"><strong>On Process</strong></a><strong>)</strong>-Indonesian Ministry of Research, Technology and Higher Education </td> </tr> <tr> <td><strong>Journal Indexing</strong></td> <td><strong>:</strong> in Process <a href="https://search.crossref.org/" target="_blank" rel="noopener">Crossref</a>, <a href="https://app.dimensions.ai/discover/" target="_blank" rel="noopener">Dimensions</a>, <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/" target="_blank" rel="noopener">GARUDA</a>, <a href="https://scholar.google.com/citations?user=pgt4huQAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a>, <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/">ROAD</a>, <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/" target="_blank" rel="noopener">SINTA</a></td> </tr> <tr> <td><strong>Archive Policy</strong></td> <td>: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/">The Keepers (PKP PN)</a></td> </tr> </tbody> </table> <div style="text-align: justify;"> </div> <div style="text-align: justify;"><em><strong>BISA - Pendidikan Bahasa dan Ilmu Sastra</strong></em> diterbitkan oleh CV Bakul Publisher, Jurnal ini menerbitkan artikel-artikel berbasis penelitian di bidang linguistik, sastra, pengajaran dan pembelajaran bahasa. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Cakupan topiknya meliputi: (1) Pembelajaran bahasa asing, bahasa Indonesia, bahasa daerah dan pembelajaran bahasa Melayu; (2) Linguistik; (3) Linguistik Terapan, dan; (4) Sastra.</div> https://publish.bakulsosmed.co.id/index.php/BISA/article/view/3 Analisis Penggunaan Bahasa dan Pengelolaan Keuangan Pada Perusahaan PT. Alle Mandiri 2024-12-13T01:48:40+00:00 Davin Fanni Adha [email protected] Layla Putri Kusuma Wardhani [email protected] Muhammad Yusuf Suryamukti [email protected] Natasya Aurilia Prasetya [email protected] Maisunni Allayya Nuha [email protected] Eni Nurhayati [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahasa dalam komunikasi serta pengelolaan keuangan di PT. Alle Mandiri, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penjualan produk elektronik dan perlengkapan rumah tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan manajer keuangan dan kuisioner yang diisi oleh karyawan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan menggunakan bahasa daerah dalam komunikasi sehari-hari, namun menggunakan Bahasa Indonesia untuk komunikasi formal dengan pelanggan guna menjaga profesionalisme. Dalam pengelolaan keuangan, perusahaan mengandalkan sistem yang terstruktur dengan pendanaan berasal dari modal keluarga, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang fleksibel. Strategi efisiensi, seperti cuci gudang dan pengendalian stok, diterapkan untuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan. Studi ini menekankan pentingnya integrasi komunikasi yang efektif dan pengelolaan keuangan yang baik dalam mendukung keberlanjutan operasional perusahaan.</p> 2024-12-15T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Davin Fanni Adha, Layla Putri Kusuma Wardhani, Muhammad Yusuf Suryamukti, Natasya Aurilia Prasetya, Maisunni Allayya Nuha, Eni Nurhayati https://publish.bakulsosmed.co.id/index.php/BISA/article/view/7 DAMPAK BAHASA ASING TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI MEDIA SOSIAL 2024-12-13T05:32:20+00:00 Suci Rahmawati [email protected] Nadila Dwi maharani Wahyudi [email protected] Hasbiya Hasbiya Adha Aura [email protected] Farhan Farhan Rizky Saputra [email protected] Muhammad Alif Khoirul rijal [email protected] Dewi Puspa Arum [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahasa asing terhadap bahasa Indonesia di media sosial. Era globalisasi saat ini telah membuat banyak perubahan terutama pada bidang Teknologi Informasi, media sosial telah menjadi platform utama untuk interaksi, berbagi informasi, dan mengekspresikan diri. Namun, dominasi bahasa asing, terutama bahasa Inggris, berpotensi memengaruhi cara pengguna berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan analisis konten melihat komentar di berbagai platform media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa asing di media sosial tidak hanya memengaruhi kosakata dan struktur kalimat, tetapi juga mengubah pola komunikasi dan identitas pengguna. Selain itu, ada kecenderungan terjadinya campur kode (code-switching), yang membuat batas antara kedua bahasa menjadi kabur. Temuan ini memberikan wawasan penting mengenai dampak bahasa asing terhadap bahasa Indonesia, serta implikasinya bagi pelestarian dan perkembangan bahasa di era digital.</p> 2024-12-15T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Suci Rahmawati, Nadila Dwi maharani Wahyudi, Hasbiya Hasbiya Adha Aura, Farhan Farhan Rizky Saputra, Muhammad Alif Khoirul rijal, Dewi Puspa Arum https://publish.bakulsosmed.co.id/index.php/BISA/article/view/10 Penggunaan Bahasa Persuasif dalam Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok Akun @dictionarei 2024-12-14T09:04:52+00:00 Tiara Aprilia Putri [email protected] Syahrani Juniar [email protected] Icha Kesya Adelia [email protected] Gracia Yoesefine Lenussa [email protected] Wahyu Suryo Agung Gumelar [email protected] Eni Nurhayati [email protected] <p>Digital marketing kini menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran di era modern. Dalam pelaksanaannya, penggunaan bahasa memiliki peranan penting untuk menarik audiens dan menjalin hubungan dengan mereka. TikTok, salah satu media sosial yang populer, banyak digunakan untuk keperluan pemasaran digital. Contoh nyata adalah akun @dictionarei, yang berfokus pada promosi produk dan memberikan ulasan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Tujuan dari digital marketing adalah meningkatkan kesadaran merek, membangun interaksi audiens, mengoptimalkan anggaran pemasaran, dan menjangkau target audiens tertentu. 2) Bahasa dalam pemasaran digital harus mampu menarik perhatian dan menciptakan hubungan emosional dengan audiens. 3) TikTok menjadi platform ideal untuk pemasaran digital, di mana influencer seperti @dictionarei menggunakan bahasa persuasif untuk mendukung promosi produk. Studi ini mengkaji penggunaan bahasa persuasif pada konten akun @dictionarei, termasuk karakteristik dan strategi yang diadopsi untuk memenuhi kebutuhan audiens. Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan baru tentang komunikasi pemasaran yang efektif di TikTok dan menawarkan pendekatan baru bagi pemasar untuk meningkatkan keberhasilan kampanye produk.&nbsp;</p> 2024-12-15T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Tiara Aprilia Putri, Syahrani Juniar, Icha Kesya Adelia, Gracia Yoesefine Lenussa, Wahyu Suryo Agung Gumelar, Eni Nurhayati https://publish.bakulsosmed.co.id/index.php/BISA/article/view/14 Dampak Literasi Masyarakat Indonesia Terhadap Perekonomian Indonesia 2024-12-15T02:13:37+00:00 Dinda Sintya Nur Aisyah [email protected] Nalita Putri Khairunisa [email protected] Revalin Bintang Wahyu Devinata [email protected] Astrella Marchia Amadea [email protected] Andini Selviani [email protected] Natalia Desy [email protected] <p>Literasi masyarakat memainkan peran yang sangat penting dalam membangun suatu Negara, termasuk diantaranya adalah Indonesia. Meskipun Indonesia telah mengalami kemajuan di berbagia sektor ekonomi dalam beberapa dekade terakhir, tingkat literasi di Indonesia masih saja menjadi sebuah tantangan yang perlu diatasi. Literasi yang mencakup kemampuan membaca, menulis, dan pemahaman terhadap informasi, memiliki dampak langsung pada produktivitas individu, keterampilan kerja, serta kemampuan untuk berinovasi dan beradaptasi dalam menghadapi perubahan ekonomi global. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak literasi masyarakat Indonesia terhadap perekonomian nasional. Melalui data sekunder yang diperoleh dari lembaga pemerintah, lembaga Internasional, dan penelitian akademik, ditemukan bahwa masyarakat dengan tingkat literasi yang lebih tinggi cenderung memiliki akses lebih baik terhadap peluang ekonomi, memperoleh pekerjaan yang lebih baik, serta mampu mengelola keuangan secara efektif. Di sisi lain, ketidakmerataan literasi, terutama yang berada di daerah-daerah tertinggal, dapat memperburuk ketimpangan sosial-ekonomi dan menghambat pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.</p> 2024-12-15T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Dinda Sintya Nur Aisyah, Nalita Putri Khairunisa, Revalin Bintang Wahyu Devinata, Astrella Marchia Amadea, Andini Selviani, Natalia Desy https://publish.bakulsosmed.co.id/index.php/BISA/article/view/26 Analisis Bahasa Slang Pada Postingan Akun Media Sosial X Yupien Fess 2024-12-21T07:08:12+00:00 Badii' Ul Choir Al-Irsyad [email protected] Ratna Yuliana Triyono [email protected] Ravandio Akhmal Nurjadin [email protected] Arij Fiddin Al Wafa [email protected] Azizan Nasih Ulwan Ulwan [email protected] Endang Sholihatin [email protected] <p>Dalam konteks media sosial, bahasa slang sering muncul karena sifat komunikasi yang lebih kasual, cepat, dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi bahasa slang pada postingan akun media sosial X Yupien Fess, mengetahui makna bahasa slang pada postingan akun media sosial X Yupien Fess, serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan penggunaan bahasa slang pada postingan akun media sosial X Yupien Fess. Selain itu, penelitian ini juga berfokus pada identifikasi topik pembicaraan yang sering muncul dalam penggunaan bahasa slang pada akun media sosial X Yupien Fess. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui teknik observasi dan reduksi data yang bersumber dari akun sosial media X @YUPIEN_FESS. Hasil penelitian ini yaitu variasi bahasa slang pada postingan akun media sosial X Yupien Fess muncul untuk mempercepat komunikasi dengan cara yang santai dan ekspresif. Pengguna sering memakai singkatan, kata serapan, modifikasi kata, dan gabungan kata. Makna bahasa slang pada postingan akun media sosial X Yupien Fess menciptakan suasana akrab, ekspresif, dan mencerminkan budaya digital yang terus berkembang, meski pemahamannya bersifat kontekstual. Faktor-faktor yang menyebabkan penggunaan bahasa slang pada postingan akun media sosial X Yupien Fess didorong oleh percakapan santai, berbagi humor, trend, kedekatan sosial, dan budaya digital yang bebas. Topik pembicaraan yang sering muncul dalam penggunaan bahasa slang pada akun media sosial X Yupien Fess meliputi humor, trend terkini, kehidupan sehari-hari, serta ekspresi perasaan.</p> 2024-12-23T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Badii' Ul Choir Al irsyad, Ratna Yuliana Triyono, Ravandio Akhmal Nurjadin, Arij Fiddin Al Wafa, Azizan Nasih Ulwan, Endang Sholihatin https://publish.bakulsosmed.co.id/index.php/BISA/article/view/29 PENGGUNAAN BAHASA GAUL GENERASI Z DI KOTA SURABAYA BERBASIS MEDIA SOSIAL X (TWITTER) 2024-12-25T04:15:34+00:00 Ahmad Farrel [email protected] Meyra Tri Anyndya [email protected] Muhammad Dinov Putra Andoyo [email protected] Nessa Nirmala [email protected] Satrio Bintang Pamungkas [email protected] Wildan [email protected] Endang Sholihatin [email protected] <p>Penelitian ini menganalisis penggunaan bahasa gaul Generasi Z di Kota Surabaya berbasis media sosial X (Twitter). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui ragam bahasa gaul yang digunakan oleh generasi Z di Kota Surabaya berbasis media sosial X, 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bahasa gaul generasi Z di kota Surabaya berbasis media sosial X, dan 3) Mengetahui frekuensi penggunaan bahasa gaul generasi Z di Kota Surabaya berbasis media sosial X. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara tidak langsung melalui Google Form kepada pengguna Twitter Generasi Z di Kota Surabaya. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Macam-macam bahasa gaul yang digunakan oleh generasi Z Kota Surabaya berbasis media sosial X meliputi berbagai istilah seperti "OTW", "MAGER", "BUCIN", ”FYI”, dll, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bahasa gaul generasi Z di kota Surabaya berbasis media sosial X meliputi lingkungan pergaulan, paparan terhadap konten media sosial, dan keinginan untuk terlihat relevan di komunitas online, dan 3) Frekuensi penggunaan bahasa gaul generasi Z di Kota Surabaya berbasis media sosial X yaitu sebanyak 75% menggunakan bahasa gaul hampir setiap hari, sementara 15% lainnya sesekali tergantung pada situasi.</p> 2024-12-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Farrel, Meyra Tri Anyndya, Muhammad Dinov Putra Andoyo, Nessa Nirmala, Satrio Bintang Pamungkas, Wildan, Endang Sholihatin https://publish.bakulsosmed.co.id/index.php/BISA/article/view/31 ANALISIS BAHASA DAN MAKNA LAGU “GALA BUNGA MATAHARI”: EKSPRESI PERASAAN MELALUI LIRIK LAGU 2024-12-26T13:16:45+00:00 Amorita Azzahra [email protected] Bilqis Lexaluna Zahra [email protected] Dwi Hani Putri [email protected] Galuh Aulia Pradnyadita [email protected] Natalia Desy Anggraeni [email protected] <p>Penelitian ini menganalisis penggunaan bahasa dan makna dalam lagu "Gala Bunga Matahari" karya Sal Priadi, yang mengangkat tema kehilangan, harapan, dan penerimaan. Lagu ini menyampaikan emosi kompleks melalui lirik simbolik dan pemilihan diksi yang mendalam, dengan metafora "bunga matahari" sebagai simbol harapan dan keabadian. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mengkaji simbolisme, struktur lirik, dan unsur estetika dalam lagu ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik lagu tidak hanya mencerminkan ekspresi pribadi pencipta, tetapi juga membangun koneksi emosional dengan pendengar. Fenomena di media sosial seperti TikTok dan Instagram menunjukkan bagaimana lagu ini menjadi sarana kolektif untuk mengenang dan mengatasi perasaan kehilangan. Penelitian ini menegaskan peran musik sebagai medium yang efektif dalam menyampaikan pesan emosional universal dan menciptakan solidaritas emosional di era digital.</p> 2024-12-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Amorita Azzahra, Bilqis Lexaluna Zahra, Dwi Hani Putri, Galuh Aulia Pradnyadita, Natalia Desy Anggraeni https://publish.bakulsosmed.co.id/index.php/BISA/article/view/34 PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PENERAPAN ETIKA KOMUNIKASI DI DUNIA BISNIS : MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN DAN PERSEPSI KONSUMEN 2024-12-28T15:34:51+00:00 Zahra Surya Safira [email protected] Fadhilah Amanda Rustanto [email protected] Muhammad Xilva Mahardika [email protected] Natalia Desy Anggraeni [email protected] <p>Penggunaan Bahasa Indonesia yang efektif dalam kegiatan bisnis sangat mempengaruhi kegiatan dan pertumbuhan bisnis. Dalam kegiatan bisnis terjadi komunikasi dua arah yang membutuhkan keterampilan penggunaan bahasa yang baik. Oleh karena itu penting untuk menganalisis penggunaan Bahasa Indonesia dalam kegiatan bisnis terutama pada penerapan etika. Etika bisnis memainkan peran penting dalam menentukan berhasil atau tidaknya sebuah usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Bahasa Indonesia dalam penerapan etika bisnis yang berfungsi untuk membangun kepercayaan konsumen serta menggali lebih dalam dan mengeksplorasi penggunaan Bahasa Indonesia dalam penerapan etika komunikasi bisnis.</p> 2024-12-28T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Zahra Surya Safira, Fadhilah Amanda Rustanto, Muhammad Xilva Mahardika, Natalia Desy Anggraeni