Penerapan Konsepsi Bela Negara Pada Kehidupan Mahasiswa UPNVJT

Authors

  • Nadiyah Myrilla Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Salsabila Nuha Aini Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rorencia Fadlyla Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Clarisah Razendri I Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Tsabit Imanana Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Imam Ghozali Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30651/ipjcs.v1i1.12

Keywords:

UPNVJT, Bela Negara, Mahasiswa, Tanah Air, UUD 1945

Abstract

Bela Negara adalah tanggung jawab setiap warga negara untuk menjaga kedaulatan, keamanan, dan keutuhan NKRI, yang diatur dalam UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Terdapat beberapa permasalahan yang perlu dikaji lebih mendalam, yaitu: pemahaman mahasiswa UPNVJT terhadap konsep bela negara, implementasi nilai-nilai bela negara dalam kehidupan mahasiswa di UPNVJT baik di lingkungan akademik maupun non-akademik.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis penerapan konsep bela negara di kalangan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur (UPNVJT). Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bela negara diartikan sebagai upaya menjaga, melindungi, memelihara, dan mempertahankan keberadaan suatu negara, termasuk membebaskannya dari ancaman atau bahaya yang berasal dari pihak lain. Cinta Tanah Air merupakan perasaan mendalam yang muncul dari hati setiap warga negara terhadap negaranya, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

References

Sartika Khairani Siregar, Rudiyanto, Bayu Asih Yulianto, Pujo Widodo4 Herlina Juni Risma, Saragih. 2022. Pelaksanaan Bela Negara sebagai Pembentukan Karakter Bangsa dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. (5-6)

Sagala, V., Sinaga, S., Purba, K., & Yunita, S. (2024). Dinamika Kesadaran Masyarakat Khususnya Generasi Muda Akan Pertahanan dan Semangat Bela Negara Demi Terwujudnya Tujuan Nasional Indonesia. (166–172)

Suriata, I. N. (2024). Aktualisasi Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda Dalam Meningkatkan Ketahanan Nasional. Public Inspiration : Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 47– 56.

Widodo, S. (2011). Implementasi Bela Negara untuk Mewujudkan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah CIVIS,Vol.1,No(1),18–31

Hidayah, I. Y., Retnasari, L., & Ulfah, R. A. (2020). Membangun Sikap Bela Negara Mahasiswa Melalui Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 85–100.

Satya, P. T. (2020). Peran Pemuda Milenial dalam Bela Negara. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(3), 293-307.

Widorekno, R. A., Widorekno, R. A., & Supriyadi, S. (2021). Implementasi nilai-nilai bela negara dalam menghadapi ancaman non militer (COVID-19). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(4), 786-792.

Rahmat, A. (2020). Bela Negara sebagai Strategi Ketahanan Nasional di Era Globalisasi. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara, 10(2), 123-135.

Putra, H., Santoso, T., & Wibowo, S. (2021). Kontribusi Mahasiswa dalam Bela Negara: Perspektif Kewarganegaraan Aktif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 15(1), 67-80.

Suryadi, D. (2019). Pemahaman Bela Negara di Kalangan Generasi Muda: Studi Kasus di Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Budaya, 12(4), 45-60.

Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015

Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084

Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/

Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.

Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.

Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).

Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.

Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.

Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Published

2024-12-15

How to Cite

Myrilla, N., Nuha Aini, S., Fadlyla, R., Clarisah Razendri I, Tsabit Imanana, & Ghozali, I. (2024). Penerapan Konsepsi Bela Negara Pada Kehidupan Mahasiswa UPNVJT. International Proceedings the Journal of Community Service, 1(1), Hal 7–16. https://doi.org/10.30651/ipjcs.v1i1.12