PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELA NEGARA DI ERA MODERN

Authors

  • Nur Diana Rahmawati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Eka Septi Anggraini Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Zulfa Fachmi Fachmida Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Artika Khoirun Niswati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Calya Agnimaya Kurniawan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Imam Ghozali Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30651/ipjcs.v1i1.17

Keywords:

Bela Negara, pancasila, pemimpin, era modern, nasionalisme

Abstract

Semangat bela negara merupakan salah satu landasan penting dalam menjaga kedaulatan, persatuan, dan kesatuan suatu bangsa. Penelitian ini mengkaji peran pemimpin dalam meningkatkan semangat bela negara di era modern. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian menganalisis tantangan yang dihadapi dalam menjaga nasionalisme, seperti globalisasi, teknologi informasi, dan perubahan sosial. Pemimpin memiliki peran strategis dalam membentuk karakter bela negara melalui pendidikan, pemanfaatan teknologi digital, dan penguatan nilai-nilai Pancasila. Strategi utama mencakup integrasi pendidikan kebangsaan, kampanye digital, dan keterlibatan masyarakat. Penelitian menekankan pentingnya kepemimpinan transformatif dalam memelihara semangat nasionalisme dan menghadapi tantangan di era modern.

References

✉, R., Rohma, I. A., Swietenia, K., Imanto, M., & Yandika, N. P. (2024). Inayah Ar Rohma, Kesya Swietenia Maharani Imanto. Nayla Putri Yandika INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 8283–8289.

anitatri,+7.+Lisnawati. (n.d.).

Farhan Badruzzaman, S. (n.d.). BELA NEGARA SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI ANCAMAN DAN TANTANGAN DI ERA GLOBALISASI by Fida Wahyu Septian (1) Dela Novera Azzahra (2).

Hakiki, A., Anisa, A., & Salsabilla, P. A. N. (2024). Implementasi Pendidikan Bela Negara pada Jenjang Sekolah Dasar di Era Disrupsi Teknologi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.508

Laut, K., Kh, (, Hartono, D., Pd, S., & Ap, M. (n.d.). FENOMENA KESADARAN BELA NEGARA DI ERA DIGITAL DALAM PERSPEKTIF KETAHANAN NASIONAL. www.wantannas.go.id

Negara, B., & Pancasila, K. (n.d.). M O D U L P E L A T I H A N K E P E M I M P I N A N P E N G A W A S L E M B A G A A D M I N I S T R A S I N E G A R A 2 0 1 9.

Nurnashira, E. H. (2024). Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Bagi Mahasiswa Dalam Semangat Bela Negara. In Jurnal Pancasila dan Bela Negara (Vol. 4, Issue 1).

Puspitasari, S., Abstrak, K. K., & Negara, B. (n.d.). Pentingnya Realisasi Bela Negara Terhadap Generasi Muda Sebagai Bentuk Cinta Tanah Air. www.kompas.com

Putri Sukowati, A., Nurika Qori, S., Sholihah, atun, Sholikhah, matus, Triannisa Febrianti, R., Widianti Saputri, L., & Ghozali, I. (n.d.). INCREASING AWARENESS OF STATE DEFENSE BY PRACTICING THE VALUES OF PANCASILA IN THE ERA OF GLOBALIZATION MENINGKATKAN KESADARAN BELA NEGARA DENGAN MENGAMALKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI ERA GLOBALISASI. 1(2). https://doi.org/10.3342/jkepmas.v1i2.143

Soepandji, K. W., & Farid, M. (2018). KONSEP BELA NEGARA DALAM PERSPEKTIF KETAHANAN NASIONAL. Jurnal Hukum & Pembangunan, 48(3), 436. https://doi.org/10.21143/jhp.vol48.no3.1741

Syafi’i, I., Naimah, I., Ardiansyah, M. F., & Rif’ah, S. N. (2024). Bela Negara sebagai Tonggak Peradaban Jiwa Patriotisme Generasi Muda Era 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1), 371–379. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5315

Wijaya, B. A., Setiawan, F. V., & Santoso, A. H. (2024). Mewujudkan Sikap Bela Negara pada Generasi Muda dengan Menghindari 4 Dosa Pendidikan. WISSEN : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 253–259. https://doi.org/10.62383/wissen.v2i2.202

Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015

Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084

Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/

Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.

Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.

Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).

Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.

Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.

Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Published

2024-12-15

How to Cite

Nur Diana Rahmawati, Eka Septi Anggraini, Zulfa Fachmi Fachmida, Artika Khoirun Niswati, Calya Agnimaya Kurniawan, & Imam Ghozali. (2024). PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELA NEGARA DI ERA MODERN. International Proceedings the Journal of Community Service, 1(1), Hal 24–30. https://doi.org/10.30651/ipjcs.v1i1.17