PERAN MAHASISWA DALAM MENGUATKAN BELA NEGARA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.30651/ipjcs.v1i1.18Keywords:
Kata Kunci: Mahasiswa, Bela Negara, Karakter Bangsa, Kepemimpinan, Pengabdian Masyarakat, Teknologi Informasi.Abstract
Peran mahasiswa dalam menguatkan bela negara di lingkungan universitas sangat penting dalam membentuk karakter bangsa yang tangguh dan berintegritas. Mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air, dan kesadaran sosial di kalangan masyarakat kampus. Melalui berbagai kegiatan, seperti seminar, diskusi, dan pengabdian masyarakat, mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman tentang bela negara serta pentingnya partisipasi aktif dalam menjaga kedaulatan negara. Selain itu, mahasiswa juga berperan dalam mengembangkan kepemimpinan dan keterampilan organisasi yang dapat mendukung upaya bela negara. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, mahasiswa dapat memperluas jangkauan kampanye bela negara dan mengajak lebih banyak orang untuk terlibat. Oleh karena itu, penguatan peran mahasiswa dalam bela negara perlu didukung oleh institusi pendidikan melalui kurikulum yang relevan dan fasilitasi kegiatan yang mendukung.
References
Fadli, A., & Barata, M. A. S. (2019). Urgensitas Paradigma Dosen Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mempertegas Nasionalisme. Untirta Civic Education Journal, 3(2).
Faridah, S., Timur, F. G. C., & Afifuddin, M. (2023). Karakter Bangsa dan Bela Negara: Menumbuhkan Identitas Kebangsaan dan Komitmen Nasionalisme. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 2532-2539.
Gusty, S., Hidayat, A., Tandungan, E. S., Tikupadang, W. K., Ahmad, S. N., Tumbo, A., ... & Gustang, A. (2023). Merayakan Kemerdekaan (Refleksi Dosen dalam Membangun Generasi Penerus Bangsa). TOHAR MEDIA.
Hartono, R. (2020). Peran Mahasiswa dalam Organisasi: Kontribusi dan Tantangan di Era Modern. Jakarta: Penerbit Akademika.
Mahmudah, H., Suhariyanto, D., Fajrina, R. M., Marwenny, E., Husnita, L., Nazmi, R., ... & Citra, H. (2023). PENGANTAR KEWARGANEGARAAN: Membentuk Warga Negara Yang Berkualitas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mardiyati, D. (2019). Peran Pendidikan dalam Membangun Kesadaran Bela Negara di Kalangan Mahasiswa. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Nurjanah, A., & Iswanto, I. (2021). Digitalisasi Kelembagaan Pedukuhan Melalui Sistem Informasi Berbasis IT di Dusun Nengahan, Bantul, DIY. Warta LPM, 24(4), 626-635.
Nurjanah, S. (2021). Keterlibatan Teknologi Informasi dalam Memberikan Peluang bagi Mahasiswa di Era Digital. Yogyakarta: Penerbit Pendidikan.
Saputro, R., & Najicha, F. U. (2022). Penerapan rasa bela negara pada generasi muda di era globalisasi. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 207-211.
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dhamar Indra, Muhammad Alif DV, Nana Septyana, Fahrel Rozi Dwi Y, M Gesang S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
- Copyright to articles published in IPJCS - International Proceedings the Journal of Community Service belongs to the publisher or International Proceedings the Journal of Community Service.
- Authors can disseminate their articles through any media.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.